MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 9 KOTA SABANG

Penulis

  • sherly musrina Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

KEMAMPUAN BERBICARA

Abstrak

Keterampilan berbicara merupakan kemampuan yang sangat mendasar untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan, dengan memiliki kosakata yang banyak maka anak dapat berbicara lancar. Rumusan masalah adalah apakah media boneka jari efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini kelompok B di TK Negeri 9 Kota Sabang?. Tujuan  Penelitian adalah untuk mengetahui apakah media boneka jari efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini kelompok B di TK Negeri 9 Kota Sabang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 anak  dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I  jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang  40% (4 anak), kategori mulai berkembang 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (2 anak)  dan kategori berkembang sangat baik 20% (2 anak). Sedangkan siklus II tidak ada kategori belum berkembang 10%  (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 10% (1 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Negeri 9 Kota Sabang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD