MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 9 KOTA SABANG
Kata Kunci:
KEMAMPUAN BERBICARAAbstrak
Keterampilan berbicara merupakan kemampuan yang sangat mendasar untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan, dengan memiliki kosakata yang banyak maka anak dapat berbicara lancar. Rumusan masalah adalah apakah media boneka jari efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini kelompok B di TK Negeri 9 Kota Sabang?. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apakah media boneka jari efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini kelompok B di TK Negeri 9 Kota Sabang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 40% (4 anak), kategori mulai berkembang 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (2 anak) dan kategori berkembang sangat baik 20% (2 anak). Sedangkan siklus II tidak ada kategori belum berkembang 10% (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 10% (1 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Negeri 9 Kota Sabang.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.