Tingkat Kepuasaan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kuta Krueng
Keywords:
Puskesmas, Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Puskesmas adalah suatu unit kesatuan organisasi kesehatan terkecil dan terdepan secara fisik, fungsional, dan administratif dalam sistem kesehatan nasional untuk tujuan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat dan bertanggung jawab terhadap tercapainya status kesehatan masyarakat setempat. Kualitas pelayanan kesehatan harus memenuhi standar persyaratan yang pada garis besarnya meliputi aspek etika, tidak merugikan penderita/keluarganya dan mampu memberi kepuasan kepada penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kuta Krueng. Penelitian ini merupakan penelitian analitik menggunakan desain cross sectional dengan sampel sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuisioner dan observasi langsung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 75,8% sudah sangat puas dan sebanyak 24,2% puas terhadap pelayanan di puskesmas Kuta Krueng. Kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien karena didalam kualitas itu sendiri mempunyai arti apapun yang menjadi keinginan dan kebutuhan pasien, seandainya itu tidak terpenuhi maka pasien akan merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas.
References
Ryadi Alexander Lucas Slamet. Ilmu Kesehatan Masyarakat.Yogyakarta. Andi.2016
Pohan. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta. EGC. 2013.
Nursalam. Manajemen Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika. 2011.
Calundu Rasidin. Manajemen Kesehatan. Makassar. CV Sah Media.2018
Ariga Reni Asmara. Implementasi Manajemen Pelayanan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta. Deepublish.2020
Sapri dkk. Pelayanan Publik Implementasi dan Aktualisasi. Jawa Timur. Qiara Media.2
Mustafa Amirul dkk. Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Surabaya. Jakad Media Publishing.2020